Misi Tianwen-1 China Rilis Penampakan Perdana Mars

Suara. com – Pesawat luar angkasa Tianwen-1 hak China merilis gambar pertamanya masa melakukan misi pendekatan terakhirnya sebelum wahana antariksa itu memasuki jalur di sekitar Planet Merah pada waktu kurang dari beberapa keadaan.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) merilis gambar tersebut pada 5 Februari, menunjukkan bahwa kamera putusan tinggi di Tianwen-1 berfungsi dengan baik.

Patuh CNSA, gambar skala abu-abu tersebut ditangkap pada jarak 2, 2 juta kilometer dari Mars.

Versi berlabel dari gambar menunjukkan lokasi fitur penting di Planet Merah, mencakup Acidalia Planitia, Chryse Planitia, Meridiani Planum, Kawah Schiaparelli, dan Valles Marineris.

Baca Selalu: Terungkap Bukti Tanah Longsor di Mars

Penampakan Mars dengan Tianwen-1. [CNSA]

Misi Tianwen-1 yang merupakan gabungan pengorbit dan penjelajah itu diharapkan memasuki orbit Mars pada 10 Februari.

Pesawat luar angkasa seberat lima ton itu akan membakar mesinnya untuk memperlambat kendaraan agar dapat ditangkap oleh tarikan gravitasi Mars.

CNSA juga menyatakan bahwa Tianwen-1 mengakhiri manuver koreksi lintasan keempat dalam 5 Februari untuk memastikan motor luar angkasa berada di urat memasuki orbit Mars.

Wahana itu sebelumnya sudah menempuh jarak 465 juta kilometer, selama 197 hari di asing angkasa dan berada sekitar 184 juta kilometer dari Bumi, saat manuver koreksi lintasan dilakukan. CNSA mengonfirmasi semua sistem pesawat di dalam kondisi kerja yang baik.

Dengan jaraknya yang jauh antara Bumi & Mars membuat terjadinya penundaan komunikasi sekitar 10 menit. Dengan sebutan lain, Tianwen-1 harus menjalankan suruhan untuk memulai pengereman sendiri, dengan instruksi yang dikirim sebelumnya sejak Pusat Kontrol Dirgantara Beijing.

Baca Juga: Uji Terbang, Starship Misi Mars Meledak saat Mendarat

Setelah mengikuti orbit, Tianwen-1 akan mulai menyiapkan upaya pendaratan penjelajah misi.