Infeksi Virus Pada Bumil Bisa Sebabkan Kerusakan Saraf Pendengaran Bayi

–>

Suara. com – Bumil perlu hati-hati terhadap infeksi virus, pokok bisa berdampak buruk pada lembaga dan menyebabkan gangguan pendengaran di dalam bayi kelak. Sayangnya, infeksi virus kerap tidak disadari bumil karena gejalanya yang sangat umum.

“Karena serupa infeksi virus lainnya, saat menyimpan itu hanya meriang sedikit, berarakan minum parasetamol, hilang. Padahal tidak sadar ada infeksi virus di dalam tubuhnya, ” kata dokter ahli THT dr. Abdillah Hasbi, Sp. THT-KL dalam siaran langsung Instagram AyahBunda, Senin (7/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa infeksi virus bisa melewati hubungan janin dan ibu melalui plasenta. Sehingga jika virus telah masuk ke janin, maka akan mempengaruhi perkembangan saraf pendengaran dan mengakibatkan gangguan.

Infeksi rubela salah satunya yang bisa berakibat buruk pada saaf pendengaran bayi jika ibunya terinfeksi zaman hamil, demikian kata Hasbi.

“Rubela, misalnya, tidak hanya mengganggu pada pendengaran. Biasanya tiga serangkai, gangguan dalaman, gangguan mata katarak, dan kekacauan pendengaran, ” kata dokter RS Harapan Kita Jakarta tersebut.

Itu sebabnya, ketika pasangan suami istri berencana akan memiliki anak, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, salah satunya kondisi virus. Hasbi menyampaikan, ulangan yang dilakukan biasanya memeriksa infeksi virus toksoplasma, rubela, dan herpes.

“Itu penting. Karena infeksi virus bilamana hamil bisa berdampak buruk di dalam bayi, ” pungkasnya.