Hujan Deras Seharian di Ciloto, Membuat Tebing Ambrol Hingga Kemacetan

Tebing Ambrol di Jalan Nasional Puncak. [Muhammad Ikhsan]

Tebing ambrol di Kampung Bondol, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur pada Minggu (6/12/2020) siang.

SuaraJabar. id – Akibat hujan deras yang mengguyur jalur Cianjura-Puncak menuju Bogor membuat tebing ambrol di Kampung Bondol, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur di Minggu (6/12/2020) siang.

Meski  tidak tersedia korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sempat terjadi kemacetan pasal material tanah menutupi setemgah awak jalan.

Dari informasi yang dihimpun, ambrolnya tebing tersebut terjadi pada jam 13. 30 WIB, setelah diguyur hujan dari Sabtu (5/12/2020) suangi hingga Minggu (6/12/2020) sore.

Kemungkinan tebing tidak kuat menahan beban tanah, lantaran diguyur hujan.

Seorang warga Cipanas, Andika (38) mengatakan, kejadiannya pada saat hujan deras siang hari. Terdengar suara bergemuruh walau hanya di dalam hitungan menit.

“Sewaktu itu saya suka kembali ke tempat kerja, merebak suara gemuruh tapi tidak membanting, lalu kendaraan berhenti, sewaktu kami lihat ada tumpukan tanah pada badan jalan, ” kata Andika pada Ayobandung. com-jaringan Suara. com pada Minggu (6/12/2020).

Setelah  tebing bobol, ada beberapa petugas dari TNI dan Polisi beserta warga membuang material longsor tanah bercampur batu pepohonan.  

“Engga lama, langsung tersedia yang membersihkan. Tapi selama itu juga terjadi kemacetan yang pas panjang, apalagi hari Minggu, ” katanya.