Eks Polwan Lama Nganggur Jadi Mencuri, Embat Laptop Mahasiswa Modus Cari Kos

–>

SuaraJogja. id – PR (21), mantan polisi wanita (Polwan) terpaksa harus meringkuks di penjara kelanjutan ulahnya mencuri sebuah komputer bawa alias laptop milik mahasiswa di sebuah indekos di kawasan Sleman, Yogyakarta, Kamis (30/4/2020) kemarin.

Kapolsek Depok Timur Kompol Paridal mengatakan, pokok pelaku melakukan pencurian itu pasal terdesak ekonomi. Pihaknya pun menyayangkan aksi yang dilakukan PR itu karena pelaku merupakan mantan bagian Polri.

“Dulu Polwan. Tapi, setelah dipecat, pelaku menganggur. Motif pencurian ini adalah ekonomi, ” kata Kompol Paridal seperti dilansir dari Terkini. id –jaringan Suara. com.

Gerak-gerik pelaku dilakukan di sebuah kos di daerah Condongcatur, Depok, Sleman, pada 20 April lalu. Masa melakukan aksinya, PR berpura-pura memeriksa kamar kos kosong.

“PR ini melancarkan aksinya pada 20 April cerai-berai. Ia diduga mencuri laptop seharga Rp 14 juta ketika berpretensi mencari kamar kos, ” ujar Paridal.

Saat mendatangi kos tersebut, pelaku kemudian melihat satu unit laptop di dalam kamar kos korban. Sementara korban sendiri ketika tersebut tengah tertidur pulas. Melihat target tidur, pelaku pun langsung menyerobot laptop tersebut.

“Melihat pintu rumah terbuka dan kamar korban tidak terkunci, pelaku berakting seperti sedang memeriksa kos dan berteriak memanggil dengan punya kos. Karena tidak tersedia jawaban, akhirnya pelaku masuk serta mengambil laptop tersebut, ” sebutan Paridal.

Namun, aksi pelaku diketahui teman utama kos korban hingga akhirnya dikejar dan tertangkap tidak jauh dibanding lokasi kejadian.

“Pelaku berhasil ditangkap tak jauh dari lokasi kejadian, ” ujarnya.

Sebelum tertangkap, pelaku sempat memendam laptop barang curiannya di keranjang bambu tempat pakaian kotor.

Hal tersebut dilakukan PR untuk menghilangkan bahan bukti perbuatannya.

Namun, korban dan rekannya berhasil menemukan lokasi tempat laptop tersebut disembunyikan pelaku.

Saat ini, PR telah diamankan di Mapolsek Depok Timur untuk pemeriksaan lebih sendat.

“Karena sudah kepergok mencuri dan tertangkap, pelaku kemudian dibawa ke Mapolsek Depok Timur dan saat tersebut sudah kami tahan, ” terangnya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan aniaya penjara 7 tahun.