Ditangkap Polisi, Pelaku Pencurian Truk di Cilegon Ternyata ODGJ

SuaraBanten.id – Polisi menangkap pelaku pencurian mobil dump truk milik seorang warga Lingkungan Curug Mesjid, Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon pada Sabtu (22/8/2020) malam kemarin.

Diketahui, pelaku adalah iketahui seorang ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) yang kabur dari salah satu Panti Rehabilitasi ODGJ di Tangerang.

Pelaku bernama David (26) warga Lingkungan Cikerut, Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon juga merupakan pelaku pembunuhan terhadap ayah kandungnya sendiri pada 18 Mei 2020 lalu.

Paursubbag Humas Polres Cilegon, Iptu Sigit Dermawan menuturkan, jika pelaku yang sebelumnya membunuh ayah kandungnya tersebut sudah dinyatakan mengalami gangguan jiwa saat menjalani pemeriksaan usai ditangkap Polisi. Sehingga harus dititipkan ke Panti Rehabilitasi ODGJ di Tangerang.

“Iya itu dia (David) yang mencuri mobil itu pelaku pembunuhan itu. Karena di vonis gangguan jiwa, waktu itu dititipkan ke Panti Rehabilitasi ODGJ,” ucapnya melalui sambungan telepon, Minggu (23/8/2020) malam.

Entah bagaimana caranya, David diduga kabur dari Panti Rehabilitasi ODGJ dan kembali ke Cilegon. Namun, saat di Cilegon justru ia malah nekat mencuri mobil. Aksinya berhasil digagalkan massa sehingga membuat dirinya pun babak belur dihajar massa.

“Kayaknya kabur dari Panti Rehabilitasi. Balik ke Cilegon itu malah nyuri mobil. Sebelumnya mencuri motor dulu yang ditinggalin pas dia mencuri mobil itu. Belum tau informasi bagaimana dia bisa kabur dari sana (Panti Rehabilitasi), masih kita dalami,” ungkap Iptu Sigit.

Saat ini, David pun sudah diserahkan kembali ke Panti Rehabilitasi ODGJ di Tangerang usai diamuk massa lantaran kedapatan mencuri sebuah mobil dump truk.

“Sudah dibawa lagi kesana (Panti Rehabilitasi ODGJ) pas malem itu. Karena pas ketangkep, itu kakinya masih ada rantainya. Meski kondisi rantai sudah putus,” tukasnya.

Diketahui sebelumnya, pada Sabtu (22/8/2020) malam, David nekat mencuri sebuah mobil dump truk milik warga yang terparkir didepan rumahnya. Beruntung, aksinya dipergoki sang pemilik kendaraan. Massa yang mengejar berhasil menangkapnya karena mobil kehabisan bahan bakar saat akan melewati tanjakan di Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.