Cegah Sindrom Penglihatan Tegang Selama Karantina dengan 5 Tips Ini!

–>

Suara. com – Terlalu lama menatap layar kompuet, TV, mauoun ponsel, lama kelamaan dapat menyebabkan kekeringan dan perangsangan mata. Karena itu, kita harus sadar untuk membatasi waktu layar untuk memastikan mata Anda pasti sehat.

Namun, sejak karantina diberlakukan oleh pemerintah, waktu Anda untuk menatap layar menjadi lebih banyak. Dalam akhirnya banyak orang yang mengeluhkan kekeringan, iritasi, kemerahan, hingga gegabah berair.

Terkadang hal ini dapat menjadikan sakit kepala dan pelinghatan menjadi buram, hingga Anda terkena sindrom penglihatan tegang (CVS) atau sindrom mata tegang digital.

Oleh sebabnya, menyimak tips yang dilansir The Health Site ini untuk mengurangi gejalanya.

1. Beristirahat secara berkala

Bila Anda bekerja di depan jinjing atau terlalu banyak menonton TV, Anda harus mengalihkan pandangan daripada layar secara berkala. Kalau tak, ini dapat menyebabkan kerusakan otot-otot silia mata.

Hal yang harus Anda lakukan adalah alihkan mata serta fokuskan pada okjek berjarak 3 meter di sekitar Anda semasa beberapa detik.

Ilustrasi bekerja di rumah (Pexels/Energepic)

2. Sering berkedip

Jika Anda asyik dengan pekerjaan, Kamu akan secara otomatis kurang berkedip. Hal ini menyebabkan mata kering, pandangan buram dan kelelahan lupa.

Kerap berkedip akan memberi otot lengah Anda istirahat yang sangat dibutuhkan. Selain itu, ini akan memfasilitasi sirkulasi kelembaban yang lebih jalan di sekitar mata.

3. Putar bola mata Anda

Ini mau mengencangkan otot mata dan merangsang sirkulasi di sekitar mata. Coba putar mata Anda di kedua arah sekitar 20 kali dan lihat perbedaannya.

Mata perolehan karena penggunaan smartphone. (shutterstock)

4. Memijit mata

Ini sederhana. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk memanifestasikan panas. Lalu, letakkan kedua telapak tangan di atas mata Anda selama sekitar sepuluh menit. Pijat ini bagus untuk mata Kamu.

5. Atur cahaya secara tepat

Harap pastikan bahwa Anda bekerja di ruangan yang cukup terang. Terang redup atau fluorescent memberi lagu lebih pada mata. Anda juga harus menghindari bekerja di ruangan gelap.