Bentuk PISK Handal, BPSDM PUPR Adakan Pelatihan PISK Bidang SDA

–>

Suara. com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementrian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Rumah Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VIII Makassar mengadakan Pelatihan PISK Bidang SDA, di Makassar, Senin (3/8). Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong tersedianya Pejabat Inti Satuan Kegiatan (PISK) yang profesional dan berintegritas, sehingga pembangunan infrastruktur sumber gaya air (SDA) yang handal & berkualitas bisa tercapai.

Sekretaris BPSDM PUPR, Herman Suroyo, dalam sambutannya melalui konferensi video, mengatakan seorang PISK SDA harus memiliki kompetensi dengan disyaratkan kepadanya, yakni sebagai pemegang jabatan dalam proyek bidang SDA Kementerian PUPR.

Dalam hal ini Pelatihan PISK Bidang SDA merupakan salah satu syarat menjadi PISK yanh diselenggarakan untuk membekali mereka dalam melaksanakan kegiatan satuan kerja agar sanggup berjalan tertib sesuai dengan patokan yang ada.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh PISK, adalah mampu secara manajerial, termasuk di dalamnya kemahiran memimpin (leadership) dimana wajib menyelenggarakan jalannya suatu kegiatan/proyek. Selain itu PISK juga harus memiliki kemampuan/kompetensi dalam penguasaan teknis substantif tempat tugasnya. Selain itu PISK memiliki kemampuan sosio kultural, termasuk di dalamnya mampu menyelaraskan sikap/perilaku di keberagaman konteks sosial dan tatanan budaya, termasuk kemampuan berkomunikasi, sikap, dan moralitas, serta sikap karakter.

Pelatihan yang dilaksanakan dengan menggunakan cara pembelajara jarak jauh tersebut diikuti 29 peserta yang berasal sebab DIrektorat Jenderal SDA.