Beda dengan Jokowi, Menhub Sebut Mudik dan Pulang Kampung Sama

–>

Suara. com – Masyarakat sedang bingung antara perbedaan istilah pegangan dengan pulang kampung. Ada kaum pihak, termasuk Presiden Jokowi yang menyebut istilah mudik dan kembali kampung berbeda, ada juga yang bilang dua istilah itu sesuai.

Sampai-sampai, salah satu anggota Komisi V DPR bertanya ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait kata tersebut apakah mudik dan kembali kampung sama atau berbeda.

Pertanyaan itu dilontarkan, saat Komisi V DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Menhub lewat virtual, Rabu (6/5/2020).

“Pak presiden pernah menyampaikan juga dilarang mudik tapi pulang kampung, karakter pulang kampung harus diantisipasi, kalau di masyaraakt ini buat berat ya atas pengertian karena kelompok menganggap pulang kampung dan pegangan itu sama, walaupun Pak presiden berbeda beberapa pihak juga bertentangan, ” tanya Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai PKB Neng Eem Marhamah.

Menhub menjawab bahwa istilah mudik dengan pulang dukuh itu sebenarnya memiliki makna yang sama.

“Mudik dan pulang kampung tersebut sama dan sebangun. Jangan mewujudkan itu dikotomi, itu sama, jangan membuat ada perbedaan, ” kata pendahuluan Menhub.

Menhub pun meminta, banyak bagian agar tak melakukan interpretasi kalau pulang kampung dan mudik berbeda, sehingga menjadi kesempatan banyak orang untuk mudik.

“Berulang-ulang dalam sidang kabinet tanpa pulang kampung, plis jangan interpretasikan satu bahasa dengan bahasa yang lain untuk sehingga mendasarkan orang itu bisa pulang, ” cakap dia.