4 Relawan PMI Tertular Covid-19 dalam Mamuju

Suara. com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said menyebut ada 4 orang relawannya yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah bertugas di wadah penampungan korban bencana gempa dalam Mamuju, Sulawesi Barat.

Ia menyebut posisi tenda pengungsian dengan tenda istimewa penderita Covid-19 berdampingan.

Bekerja menangani korban musibah di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan terbesar bagi PMI dan relawannya. Hal tersebut terbukti dengan adanya kabar relawan yang tertular virus.

“Tadi kita dapatkan empat orang relawan kita di Mamuju terkonfirmasi positif Covid-19 karena tenda penampungan pengungsi dengan tenda penderita Covid-19 itu bersebelahan, ” kata Sudirman Said di sebuah acara perbincangan daring ditulis Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Permintaan Plasma Konvalesen Antre, Sekjen PMI: Pasien COVID-19 Jadi Donor

Sudirman menerangkan bahwa PMI terbiasa dengan kondisi Indonesia yang kerap dilanda bencana alam pada simpulan tahun dan beberapa bulan lalu. Tetapi dengan adanya Covid-19, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi PMI.

“Ini sebetulnya siklus tahunan, biasnaya akhir tahun begitu. Jadi kawan-kawan yang di PMI sudah terbiasa, dasar yang tidak biasa bersamaan secara Covid-19, itu beratnya bukan main. Misalnya di Banjarmasin, naik truk itu berdesak-desakan, boro-boro ingat kedok, ” ujarnya.

Di samping tantangan dengan begitu berat, Sudirman mengungkapkan jika solidaritas relawannya begitu luar pelik.

Semisal PMI Sulawesi Selatan langsung menuju ke Majene untuk membawa alat berat hingga tangki air tanpa ada perintah dari PMI Pusat.

Hal serupa dilakukan oleh PMI-PMI di wilayah yang mengalami bencana alam selalu.

Baca Juga: PMI Dirikan Tenda Genting Bagi Korban Gempa di Mamuju

“Saya sebagai pendatang baru pada PMI sangat respect kepada mereka, tidak memikirkan risiko bagi dirinya, nyemplung-nyemplung saja, itu terjadi dalam banyak tempat. ”